SIUP dan TDP

SIUPTDP

SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan) adalah dua surat yang bisa diminta pada saat bersamaan. SIUP diperlukan untuk perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan maupun penjualan barang dan/atau jasa. TDP diperlukan sebagai bukti bahwa perusahaan anda sudah terdaftar di pemerintah. Keduanya (SIUP dan TDP) diperlukan bila anda ingin mengikuti lelang di pemerintah.

Untuk mengurus SIUP dan TDP, prosesnya cukup ringkas. Datang ke BP2T (Badan Pelayanan Perijinan Terpadu) di daerah anda. Kalau belum ada BP2T di tempat anda, datang ke pemerintah kota atau pemerintah kabupaten ke bagian perijinan.

Untuk kota Tangerang Selatan, lokasi BP2T ada di Jl. Raya Serpong Km. 12 Serpong Kota Tangerang Selatan 15232 Telp. 021-53150119 / 021-53150120.

Untuk melihat-lihat prosedur silakan jenguk http://bp2t.tangerangselatankota.go.id atau web site BP2T kota anda.


Lokasi BP2T Tangerang Selatan

Dokumen yang harus dibawa:

1. FC KTP penanggung jawab/direktur
2. FC Akte Pendirian dan Perubahan yang sudah disahkan oleh pengadilan.
3. FC Surat Keterangan Domisili Usaha
4. FC NPWP Perusahaan
5. Pas photo penanggung jawab 2 lembar ukuran 3 X 4 berwarna

Di samping fotocopy di atas, semua asli harap dibawa.

SIUP dan TDP berlaku selama 5 tahun dan dapat diperpanjang setelah habis masanya. Bila perpanjangan, bawa SIUP dan TDP yang lama.

Datang ke salah satu petugas yang siap menunggu. Katakan mau membuat SIUP dan TDP. Petugas akan memberikan formulir untuk diisi. Isi formulir dengan lengkap, termasuk bidang usaha yang akan digeluti oleh perusahaan anda. Juga berapa modal disetor. Kemudian petugas akan menanyakan apakah ini termasuk ijin usaha kecil atau besar.

Serahkan formulir beserta seluruh fotocopy dokumen ke petugas. Dia akan memeriksa dan mencocokkan fotocopy dengan berkas asli. Setelah puas, dia akan memberikan tanda terima. Dan akan mengatakan kapan SIUP dan TDP bisa selesai. Bila petugas tidak mengatakan kapan dokumen akan selesai, jangan ragu untuk bertanya.

Untuk kasus saya, kedua dokumen tersebut akan selesai dalam waktu 15 hari kerja. Harap diingat hari kerja mereka tidak termasuk hari Sabtu dan Ahad. Jadi mudahnya, 3 pekan lagi.

Tiga pekan kemudian datang ke BP2T lagi membawa tanda terima. Biasanya surat sudah selesai. Serahkan tanda terima dan bawa pulang dokumen.

Pengalaman saya:

Saya bertanya biaya pembuatan SIUP dan TDP ke teman-teman yang sudah pernah membuat. Ada satu teman mengatakan dia membayar Rp 1 juta. Ketika bertanya ke yang lain dengan bangga dia mengatakan: “Petugas minta Rp 1 juta. Saya tawar bisa dapat Rp 800 ribu saja.”

Mental saya sudah siap dengan ongkos segitu. Ketika saya datang ke BP2T untuk mengambil hasil, petugas di depan mengatakan: “Silakan ke dalam saja pak, bertemu dengan bapak Fulan”. Deg-degan dalam hati. Pasti ini untuk tawar-menawar harga.

Bertemu bapak Fulan di dalam, beliau mengatakan: “Sebenarnya bea retribusi tidak ada. Tapi yah serela bapak sajalah.” Dengan mental Rp 800 ribu saya mengatakan: “Tiga ratus ribu saja ya pak.” Ketika petugas dengan riang menjawab: “Ya, pak. Terima kasih”, saya mencelos. Wah, kebanyakan nih.

Seratus ribu pun mungkin sudah cukup. Tapi apa boleh buat. Sudah terlanjur, perkataan tidak dapat ditarik lagi. Maka tiga ratus ribu rupiah berpindah tangan. Saya mendapat dua dokumen yang saya idam-idamkan.

Ketika saya ceritakan itu ke teman yang membayar Rp 1 juta, dia mengatakan: “Ente tidak tanya yang bener sih. Ane mbayar Rp 1 juta itu karena ingin cepat. Istilahnya jalur ekspres. Nah, ente jalur lambat ya mustinya lain harga.” Oh, begichu, … makasih banyak infonya, gan. Sayang sudah terlambat.

Langkah lengkap mendirikan perusahaan ada di sini.

Serpong, September 2013

42 thoughts on “SIUP dan TDP

  1. Edy.s
    July 5, 2014 at 16:04

    Gan…..Boleh minta info pembuatan Siup dan TDP untuk wilayah tangerang kota ( Lokasi usaha sekitar mall metropolis ), ada ngak koneksi yg bisa di calling ( telepon ) dan kira kira budgetnya berapa ( misal jalur express ), sorry yah gan… kenalin saya edy.s tangerang

    1. admin
      July 9, 2014 at 22:19

      Maaf, tidak punya kenalan. Coba saja langsung ke BP2T Tangerang. Mungkin mereka bisa memberikan saran bagaimana untuk bisa express.
      Terima kasih sudah berkunjung ke laman ini.

    2. nisa
      August 29, 2014 at 12:36

      kalo untuk kepengurusan SIUP TDP wilayah kawasan Kota Tangerang itu nol retribusi, tp jika memang ingin memberika uang tips atau uang upah cetak tidak apa2 itu bebas saja tp dasarnya itu nol retribusi.. thanks

      1. admin
        September 1, 2014 at 17:19

        Alhamdulillah ada klarifiksi dari ibu Nisa. Semoga dapat secara konsisten diterapkan. Ini penting untuk disosialisasikan agar masyarakat tahu secara jelas dan tidak ragu-ragu lagi.
        Lebih berani lagi kalau ditulis di depan: “Kami tidak minta belas kasihan. Jangan berikan kami sedekah suka rela anda. Kami sudah digaji cukup oleh pemerintah”. Wow. Two thumbs up deh.

      2. hasanah
        March 29, 2017 at 06:01

        kalau pengurusan SIUP modal yang dicantumkan dalam siup modal dasar atau modal yang disetor, terima kasih

  2. yoga
    August 13, 2014 at 16:12

    Mav gan, mau tanya klo buat siup untuk usaha perorangan apa saja syaratnya,, trima kasih,, mohon jawannya

    1. admin
      August 15, 2014 at 09:18

      Kalau melihat dari peraturan, syaratnya adalah:
      1) Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pemilik atau Penanggungjawab Perusahaan;
      2) Surat Pernyataan dari Pemohon SIUP tentang lokasi usaha Perusahaan;
      3) Foto Pemilik atau Penanggungjawab Perusahaan ukuran 3×4 cm (2 lembar).
      sumber: http://jdih.kemendag.go.id/files/regulasi/2007/09/permendagsiup2007.pdf
      Selamat mendirikan perusahaan.

      1. egy
        October 9, 2014 at 10:35

        mimin itu yg dijelaskan untuk agan yoga,,syarat untuk syarat buat siup perorangan ada surat pernyataan pemohon itu seperti apa???ada contohnya,,,

        harus buat yah,,
        bukan foto kopi ktp,npwp kalau ada,foto 3×4,dan skdu,,bener gak??

        surat pernyataan masih perlu gak??

        1. admin
          October 24, 2014 at 09:55

          Setahu saya tiga dokumen itu syaratnya. Tapi mungkin sudah banyak berubah, maklum tiap pejabat punya kemauan masing-masing. Langsung saja meluncur ke TKP di BP2T, gan.
          Contoh surat pernyataan lokasi bisa nanya-nanya ke mbah Google. Salah satu contohnya dari Surabaya ada di sini.

  3. Adhi
    August 21, 2014 at 09:37

    Kalau biaya pembuatan TDI brp ya, mhn info nya.

    1. admin
      August 22, 2014 at 00:23

      Maaf, belum pernah mengurus TDI.
      Kalau melihat peraturan, paling banyak Rp 200.000.
      Lihat pasal 44 Peraturan Menteri Perindustrian No. 41 tahun 2008, download di sini

  4. abdul salam
    October 15, 2014 at 19:47

    gan,, Mohon petunjuk saya bergerak event organizer, pada saat saya mau minta SIUP untuk usaha tersebut pihak BP2T mengatakan bahwa Bidang tersebut tidak dicantumkan di dalam SIUP tetapi ijinnya tersendiri, apakah ini berlaku untuk seluruh indonesia apa hanya di kota tangerang selatan saja. apakah ada permendag, perda dan peraturan walikota yang mengatur itu supaya kami tidak ragu untuk memilih bidang usaha

    1. admin
      October 24, 2014 at 09:38

      Setahu saya memang ada ijin khusus untuk EO, dan itu berlaku untuk seluruh Indonesia. Namanya ijin impresariat, diurus di Dinas Pariwisata dan Budaya. Selanjutnya, saya tidak tahu karena tidak berkecimpung di bidang itu. Maaf, gan.

  5. gunawan
    February 16, 2015 at 09:13

    selamat pagi gan
    saya mau tanya klo mau perpanjang SIUP dan TDP syaratnya apa aja ya. terimakasih

    1. gunawan
      February 16, 2015 at 09:23

      dan sekalian juga buat SUIP dan TDP yang baru gan. mohon infonya terimakasih

      1. admin
        February 16, 2015 at 22:22

        Tulisan di atas menceritakan mengenai pengurusan SIUP dan TDP baru, gan. Silakan dibaca lagi.

    2. admin
      February 16, 2015 at 22:21

      Syarat perpanjangan sama dengan syarat permohonan SIUP dan TDP baru, hanya saja SIUP dan TDP yang lama harus dilampirkan.
      Salam pengusaha.

  6. nunung amrullah
    March 5, 2015 at 22:00

    min kalo syarat untuk pemuatan Rekening Perusahaan apa aja yah?… thks

    1. admin
      March 6, 2015 at 21:05

      Kalau sudah sampai mendapatkan SIUP, TDP, dan Pengusaha Kena Pajak, maka itu sudah cukup untuk membuka rekening perusahaan. Saya lupa apa saja persyaratannya, tapi seingat saya semua surat yang didapat dalam pengurusan perusahaan (lihat Mendirikan Perusahaan ) diminta oleh bank. Ditambah dengan sejumlah deposit yang merupakan jumlah tabungan minimum. Silakan ditanyakan ke bank yang diinginkan. Karena tiap bank punya aturan masing-masing termasuk jumlah minimum deposit yang harus disetor.

  7. rahmat
    September 3, 2015 at 17:14

    Biaya pembuatan TDP n SIUP wilayah pamulang brp? Jalur cepat n syaratnya p j usaha warung sembako yang letaknya da d dlm pasar

    1. admin
      October 5, 2015 at 23:54

      Untuk pengurusan TDP dan SIUP kota Tangerang dan Tangerang Selatan bisa diurus di lokasi yang sama. Sebenarnya tidak ada biaya kecuali sumbangan suka rela. Silakan baca artikel saya di atas.

  8. Toni
    October 3, 2015 at 12:04

    Untuk usaha toko online, perlu nggak SIUP dan TDP, kalau perlu urusnya dimana dan syaratnya apa saja?
    Terimakasih

    1. admin
      October 6, 2015 at 00:23

      Selama ini saya belum pernah mengurus TDP/SIUP untuk toko online. Yang saya tahu Dirjen Pajak sudah mengeluarkan Surat Edaran No 62/PJ/2013 (SE-62) mengenai pajak pembelian online.
      Bagi yang mengetahui, bisa memberikan pencerahan?

      1. r12ky
        December 3, 2015 at 13:21

        Admin,

        Mau tanya untuk mendapatkan SIUP dan TDP apa harus mendaftarkan BPJS perusahaan? trus pendaftaran BPJS perusahaan untuk perusahaan yang baru berdiri gmana caranya dan brapa biaya pendaftaran?

        1. admin
          January 11, 2016 at 22:36

          Pendaftaran SIUP dan TDP tidak perlu mendaftar BPJS dulu.

          1. Sukroni
            July 30, 2016 at 10:43

            Bulan juli kemarin saya daftar SIUP dan TDP, dan untuk wilayah kabupaten tangerang(tigaraksa) mewajibkan perusahaan untuk daftar BPJS TK terlebih dahulu. Baru bisa daftar pembuatan SIUP dan TDP. Tapi jangan khawatir karena loket BPJS TK ada didepan loket pendaftaran SIUP dam TDP.

          2. admin
            August 2, 2016 at 17:14

            Terima kasih atas infonya mas Sukroni.

    2. Toni
      October 6, 2015 at 18:36

      Pak minta tolong dong alamat notaris di Tangrang yg bisa buat akte pendirian CV dgn biaya terjangkau.
      Terimakasih

      1. admin
        October 15, 2015 at 15:42

        Dahulu (2 tahun lalu) saya memakai notaris Netty Elvira di Muncul, Serpong, Tangerang Selatan. Beliau sangat murah, hanya Rp 400 ribu untuk pendirian CV. Tapi sekarang beliau sudah meninggal. Semoga beliau diterima Allah swt dengan ridho dan diridhoi-Nya. Saya tidak punya lagi referensi notaris lain.
        Silakan dibanding-bandingkan saja pak Toni. Datang ke beberapa notaris dan bertanya ke mereka. Umumnya mereka punya standar harga untuk tiap-tiap perkara (Pendirian CV, balik nama, SHM, dll).

  9. andhika
    December 31, 2015 at 00:54

    Admin misalkan usaha spt jasa penitipan motor apakah butuh suip? Klu Boleh minta link untuk peraturan perundang undangan masalah suip terima kasih.

    1. admin
      January 11, 2016 at 22:29

      Setahu saya, semua bidang usaha perlu ijin. Juga perlu membayar pajak. :(
      Mengenai bidang usaha, bisa dilihat di kode KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia) di sini. Kayaknya jasa parkir kodenya 5221.
      Undang-undang mengenai SIUP bisa dilihat di sini.

  10. Andra
    May 16, 2016 at 19:18

    Gan mau tanya.. untuk pengecekan no SIUP dan TDP bisa tidak hanya dengan nomor saja? Hardcopynya sya tdk ada.. ada kenalan ya bisa bantu ga gan untuk kota tangerang?

  11. alim
    June 14, 2016 at 10:10

    min, kalau urus mutasi siup dan tdp syaratnya apa aja ya, apakah harus urus mutasi npwp dulu ataukah bisa langsung, apakah ada koneksi yang bisa urus tanpa harus mutasi npwp, trims

    1. admin
      June 17, 2016 at 08:11

      Pak Alim yth, apa maksudnya mutasi SIUP dan TDP? Kalau artinya ganti alamat perusahaan, harus diubah dari akte, yaitu dibuat akte perubahan. Kemudian dimulai dari proses awal yaitu SKDU, pengadilan, NPWP, dan seterusnya seperti di artikel Mendirikan Perusahaan.

  12. indy
    January 9, 2017 at 18:13

    min.. jd syarat siup TDP gak harus ada fotocopy sertufikat rumah?
    tq

  13. March 20, 2017 at 17:13

    Min, mau tanya kalau TDP dan SIUP perusahaan saya sudah mati, bagaimana cara mengurusnya yaa? thankyou

    1. admin
      March 24, 2017 at 20:18

      Bu Emma, bawa semua syarat untuk mengurus TDP dan SIUP seperti dari awal. Juga bawa TDP dan SIUP yang lama. Kemudian minta perpanjangan.

  14. Dewi
    May 29, 2017 at 13:06

    Siang..mau taya klu perpanjang siup brp y

    1. admin
      May 31, 2017 at 23:07

      Ibu Dewi yth. Sebenarnya gratis. “Suka rela” kalau istilah mereka.

  15. Sally
    June 8, 2017 at 17:06

    Bisa bantu saya tuk mengurus tdp dalam waktu 1/2bln?

    1. admin
      June 16, 2017 at 23:44

      Ibu Sally yth, sekarang sudah banyak perijinan yang terpadu satu pintu. Misal untuk Tangerang Selatan silakan baca di http://simponie2.tangerangselatankota.go.id/

    2. admin
      July 13, 2017 at 01:07

      Untuk ibu Sally, maaf, kami tidak menyediakan servis mengurus perijinan, bu.

Leave a Reply to admin Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *